Terpopuler Bisnis: Pabrik Minyak Goreng Bukan Milik Rakyat, Es Krim Haagen-Dazs Ditarik dari Pasar


TEMPO.CO, Jakarta – Berita terpopuler ekonomi dan bisnis pada Rabu, 20 Juli 2022 dimulai dari pernyataan Ketua Apkasindo soal tak ada satu pun pabrik minyak goreng di Tanah Air yang dimiliki rakyat. 

Berikutnya ada berita tentang Kepala BKPM yang memastikan proyek IKN jalan terus dan Erick Thohir membantah anggapan BUMN banyak berutang. Lalu ada berita tentang penarikan produk es krim Haagen-Dazs dan inflasi Inggris yang meroket ke level tertinggi dalam 40 tahun.

Kelima berita itu terpantau paling banyak diakses oleh para pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan lima berita trending tersebut. 

1. Petani Sawit: RI Sudah 77 Tahun Merdeka, Tak Satu pun Pabrik Minyak Goreng Dimiliki Rakyat

Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit (Apkasindo) Gulat Manurung mendukung rencana pemerintah membangun pabrik minyak makan merah. Menurut dia, produksi minyak makan merah sangat mendesak di tengah sengkarut masalah komoditas pangan saat ini. 

“Pembangunan pabrik minyak makan merah sudah sangat tepat dan kalau bisa saya katakan mendesak,” ujar Gulat pada Tempo, Selasa, 19 Juli 2022. 

Gulat menuturkan, jika kebijakan itu tidak diambil, persoalan kelangkaan dan mahalnya minyak goreng yang menimpa Tanah Air beberapa waktu lalu beroptensi terjadi lagi, bahkan bersifat musiman. Di sisi lain, ia memandang Indonesia produsen terbesar crude palm oil (CPO) di dunia dengan sebaran kebun sawit dari Aceh sampai Papua sudah sepatutnya membuat gebrakan.

Simak lebih jauh tentang petani sawit di sini. 





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »