Bagaimana Kawasan Teluk Jadi Ibu Kota Game Dunia


DUBAI, bisniswisata.co.id: Tidak peduli di mana Anda tinggal atau berapa usia Anda, kemungkinan besar Anda mengenal setidaknya satu orang di lingkaran dekat Anda yang adalah seorang gamer.  

Data baru menunjukkan bahwa ini terutama benar jika Anda tinggal di UEA.  Survei Konsumen Global Statista telah menemukan bahwa sembilan dari 10 orang dewasa di negara tersebut bermain video game – tingkat yang tertinggi secara global.

Dilansir dari thenasionalnews.com Beberapa dekade stereotip mungkin membuat beberapa orang bertanya-tanya apakah orang dewasa ini membuang-buang waktu mereka.  Banyak yang masih menganggap video game sebagai permainan anak-anak.  Dalam pikiran saya, itu tidak bisa jauh dari kebenaran.

Pasar telah melihat pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir.  Pendapatan pada tahun 2022 akan mencapai rekor baru lebih dari US$200 miliar dan diperkirakan akan tumbuh dari sana.  

Saat ini, dalam hal pendapatan, video game adalah bagian terbesar dari industri hiburan dan menghasilkan lebih banyak uang daripada gabungan Hollywood dan industri musik – fakta yang sulit dipercaya pada pandangan pertama.

Tidak terkecuali kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara.  Penduduknya yang muda dan paham teknologi membawa sektor ini ke tingkat yang lebih tinggi. Akibatnya, kawasan ini memiliki pasar video game yang tumbuh paling cepat di seluruh dunia selama bertahun-tahun.  Pada tahun 2022, nilainya lebih dari US$7 miliar, terutama didorong oleh Mesir, Arab Saudi, dan UEA.

Saat ini, sebagian besar pemerintah Gulf Corporation Council ( GCC) telah memahami pentingnya mengembangkan kemampuan game lokal.  Negara-negara seperti Arab Saudi dan UEA memimpin, menerapkan strategi untuk menarik pengusaha. 

Awal tahun ini, sebuah grup yang didukung Saudi mengakuisisi ESL, salah satu penyelenggara turnamen esports paling terkemuka di seluruh dunia, dan FACEIT, administrator liga esports, senilai $1,5 miliar, menunjukkan minat kawasan ini pada industri game dan esports.

Di UEA, program khusus yang dipimpin pemerintah seperti AD Gaming secara eksklusif melayani para profesional game dan berusaha untuk mengembangkan ekosistem game mandiri.  

Tempat tersebut menyediakan lingkungan bisnis yang ideal dan insentif bagi para profesional game lokal, sambil mendorong pengembangan bakat dalam pengembangan game, dan menyelenggarakan turnamen esports sendiri.

Pembeli Dubai bergegas untuk membeli PlayStation 4 saat dirilis

Di balik data dan angka yang membuat pasar video game menarik bagi pemerintah dan bisnis adalah komunitas orang-orang yang bersemangat, dengan kebiasaan dan perilaku yang kompleks, yang kami sebut sebagai gamer.  

Istilah ini mewakili jutaan penggemar yang bermain game dan terlibat dengan rekan-rekan mereka secara online.  Mereka dari semua kalangan.  Perusahaan analitik game dan esports terkemuka, Newzoo, mengidentifikasi sembilan jenis persona gamer, berdasarkan kebiasaan mereka, dalam spektrum mulai dari “santai” hingga “hardcore”.

Tentu saja ada kasus di mana permainan berlebihan menjadi masalah, dan kasus kecanduan tidak pernah terdengar. Tetapi dalam sebagian besar kasus, ini adalah hiburan yang konstruktif dan aman.

Ini juga merupakan salah satu yang inklusif.  Di sisi demografi, industri game tidak didominasi laki-laki;  pada kenyataannya, 54 persen wanita yang tinggal di UEA bermain game PC, tingkat yang naik hingga 70 persen untuk game seluler, menurut Newzoo.  

Studi yang sama juga menunjukkan bahwa gamer memiliki daya beli yang lebih besar daripada rata-rata anggota masyarakat, dan tidak takut untuk membelanjakan uang untuk merek yang mendapatkan loyalitas mereka.  

Gamer yang berbasis di UEA adalah salah satu pembelanja terbesar secara global.  Akibatnya, merek multinasional perlahan menyadari potensi komersial yang signifikan yang diwakili oleh audiens ini dan kebutuhan mendesak untuk membuka dialog dengan mereka.

Dengan pemikiran ini, semakin banyak merek non-endemik yang mengembangkan kampanye pemasaran yang menargetkan gamer dan mencari cara untuk berbicara secara efektif kepada audiens yang luas dan beragam ini. 

Sangat menarik untuk dicatat bahwa game baru-baru ini menjadi lebih dari sekadar permainan individu.  Dekade terakhir telah melihatnya memasuki arus utama: gamer sekarang menjadi pakar mode, penggemar kebugaran, penikmat makanan dan minuman, dan pelancong.

Batas antara game, gaya hidup, dan budaya pop menjadi semakin kabur.  Saat ini, beberapa nama besar di rumah musik dan mode berkolaborasi dengan penerbit game, organisasi esports, dan pembuat konten game.  

Misalnya, Louis Vuitton telah meluncurkan koleksi eksklusif yang bekerja sama dengan game League of Legends.  Baru-baru ini, Gucci meluncurkan Esports Gaming Academy untuk membimbing dan melatih talenta baru. Salah satu contoh paling mengesankan dalam industri musik adalah pertunjukan digital Travis Scott di Fortnite, yang dihadiri oleh lebih dari 27 juta tamu.

 E-sports semakin populer ( foto: Bloomberg)

Di sisi lain, gamer adalah audiens yang sulit dijangkau yang tidak sensitif terhadap taktik pemasaran seperti iklan online dan pop-up.  Sebaliknya, mereka bereaksi positif terhadap konten interaktif dan menghabiskan beberapa jam per minggu untuk menonton video dari influencer dan pembuat konten favorit mereka.  

UEA memiliki salah satu komunitas gamer yang paling terlibat di dunia dan, tidak mengherankan, karena itu merupakan salah satu pasar teratas untuk platform streaming seperti Twitch dan YouTube.  Ini adalah komunitas yang menghargai upaya tulus dari brand yang mencoba memasuki panggung dan memulai percakapan.  Hal ini juga cepat untuk menentukan pemasaran epik gagal.

Fakta-fakta ini menyoroti potensi yang tak terukur untuk mengembangkan kemampuan game lokal yang solid untuk melayani pemain lokal.  Mereka haus akan inisiatif semacam itu.  

Brand yang ingin menjadi yang terdepan perlu memikirkan kembali strategi mereka dan menggunakan saluran khusus yang hanya dapat dipahami dan dihubungkan oleh para gamer.  Mereka adalah komunitas vokal yang berbagi pengalaman dan mendukung merek yang mereka hargai.

Game adalah peluang emas bagi pemerintah, perusahaan global, dan investor dari semua jenis untuk menciptakan nilai bagi para gamer dan memantapkan diri mereka dalam industri hiburan terbesar di dunia.  

Karena pasar game tumbuh pada tingkat yang luar biasa, komunitas yang mengelilinginya adalah salah satu yang harus diperhitungkan.  Itu juga harus dipahami, sesuatu yang setidaknya untuk saat ini mungkin



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »