8.500 Kendaraan Listrik Grab Diklaim Hemat Konsumsi BBM 2 Juta Liter


TEMPO.CO, Jakarta – Grab Indonesia meluncur nama baru layanan kendaraan listrik Grab Electric. President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan saat ini Grab sudah mengoperasikan 8.500 kendaraan listrik di delapan provinsi di Indonesia. 

“Nah ini adalah sebuah kemajuan dan tentunya ini masih di langkah awal. dan kita ingin maju terus. Tetapi apa yang kita hasilkan ini luar biasa,” kata Ridzki dalam peluncuran Grab Electric di halaman kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada Selasa, 12 Juli 2022. 

Dia mengatakan ada dua dampak positif dari penggunaan kendaraan listrik oleh Grab. Pertama, dampak terhadap lingkungan, di mana pada periode 2020 sampai 2021 armada grab electric telah berkontribusi untuk penghematan atau penurunan CO2 sebesar kurang lebih 5 ribu ton.

“Atau konversinya ini terhadap BBM ini penurunan 2 juta liter BBM dalam periode yang sama ini,” ujarnya. 

Dampak kedua, Grab juga membantu untuk ketenagakerjaan, karena kendaraan listrik yang Grab operasikan dengan pola sewa. Sehingga buat para mitra pengemudi atau calon mitra pengemudi yang tidak punya motor tetap bisa mengendarai kendaraan grab electric.

“Jadi dampak berikutnya adalah dampak ketenagakerjaan dan di dalam prosesnya mereka melakukan penghematan dalam biaya operasinya kurang lebih secara rata-rata 25 persen dari biaya operasinya,” kata dia.

Selain itu para mengemudi Grab tidak perlu untuk service, karena service center sudah diatur secara berkala melalui 31 service center yang dioperasikan oleh Grab Indonesia.

Program itu, kata dia, juga guna mendukung program pemerintah untuk transisi energi di presidensi G20 yang dilakukan di Indonesia dan akselerasi kendaraan kendaraan listrik. Juga mendukung langkah net zero energi di 2060.

HENDARTYO HANGGI

Baca: Gojek Gandeng PT KCI Bikin Inovasi Beli Tiket KRl Kian Gampang

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »