Apakah Pemasaran & Penjualan Digital Hotel Anda Menggabungkan Musuh Terburuk Anda?


MAASTRICHT, bisniswisata.co.id: Dapat dikatakan bahwa dua tahun terakhir telah berdampak signifikan pada bagaimana hotel harus berkomunikasi dengan tamu di semua tahap perjalanan. 

Seiring dengan kenaikan harga di berbagai gerai perjalanan, pariwisata, dan perhotelan, wisatawan menjadi lebih cerdas dari sebelumnya untuk memastikan mereka mendapatkan nilai terbaik untuk uang mereka.

Dilansir dari Hospitalitynet.org, evolusi dalam ekspektasi tamu adalah salah satu tantangan terbesar dalam industri perhotelan saat ini. Setelah dua tahun terakhir, para tamu menuntut lebih banyak dari hotel: termasuk penelitian dan pengalaman pembayaran yang lancar.

Mereka menuntut harga dan biaya yang transparan, kebijakan pengembalian dan pembatalan yang fleksibel, penampilan yang bersih dan menarik, serta fasilitas dan penawaran khusus – untuk menyebutkan beberapa saja dari harapan mereka 

Dalam artikel ini, kami mengajukan pertanyaan: “Apakah Pemasaran & Penjualan Digital Hotel Anda Menggabungkan Musuh Terburuk Anda?” Kami juga membagikan beberapa area penting yang harus Anda fokuskan saat menyesuaikan strategi pemasaran dan penjualan digital hotel Anda untuk menjangkau lebih banyak tamu dan mendapatkan lebih banyak pemesanan langsung pada tahun 2022.

Pemasaran & Penjualan Digital Hotel – Apa yang berubah selama 2 tahun terakhir?

Beberapa hal berubah selama dua tahun terakhir. Setelah penguncian yang meluas menyebabkan banjir pembatalan, fleksibilitas menjadi faktor kunci bagi tamu yang memesan perjalanan dan akomodasi. 

Mengikuti ketidakpuasan pelanggan dengan kebijakan pengembalian uang yang tidak memuaskan, semakin banyak tamu yang menghubungi hotel secara langsung untuk pertanyaan dan pemesanan.

Ketika koridor perjalanan internasional ditutup, perjalanan liburan domestik tumbuh secara eksponensial, dan hotel di semua segmen pasar berputar ke permintaan ini. 

Para tamu juga memesan dalam waktu singkat dengan ponsel sebagai perangkat pilihan. Selanjutnya, pemesanan langsung seluler juga tumbuh secara signifikan selama dua tahun terakhir.

Terutama, melalui semua tren yang meningkat ini, pemesanan langsung hotel meningkat secara signifikan dan mendominasi semua saluran lainnya pada tahun 2020 dan 2021. Selanjutnya, pemesanan langsung lebih sering diubah menjadi menginap langsung untuk hotel selama dua tahun terakhir.

Seiring Online Travel Agent ( OTA) tingkatkan investasi terhadap bauran pemasaran mereka, para pelaku bisnis perhotelan memikirkan cara terbaik untuk terus memperkuat saluran pemesanan langsung mereka dan mempertahankan kendali distribusi, dengan cara yang paling hemat biaya untuk bisnis mereka. 

Untuk memulai, para pelaku bisnis perhotelan harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang sangat penting ini:

Apakah Pemasaran & Penjualan Digital Hotel Anda Menggabungkan Musuh Terburuk Anda?

Menurut Laporan PULSE Hotelier Guestcentric yang sedang berlangsung, yang telah mensurvei ribuan pelaku bisnis perhotelan sejak April 2020 hingga saat ini, mayoritas responden terus memprioritaskan menjadikan saluran langsung mereka sebagai sumber utama pemesanan dan pendapatan di tahun mendatang.

Sementara aspirasi ini semuanya baik dan baik juga dalam teori, penting untuk mengevaluasi apakah mereka tercermin dalam praktik. Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

* Apakah mudah bagi tamu untuk menemukan dan mengunjungi situs web hotel saya?

* Setelah pengunjung tiba di situs web hotel saya, apakah mereka merasa terinspirasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang ditawarkan hotel saya?

* Yang terpenting, berapa banyak tamu yang meninggalkan situs web saya vs memesan secara langsung?

Sekarang, pertimbangkan area berikut di situs web hotel Anda dan bauran pemasaran digital secara keseluruhan:

1.Optimalisasi & Visibilitas Mesin Pencari – Mudahkah Wisatawan menemukan Situs Web Hotel Anda Secara Online?

Anda dapat memiliki situs web hotel yang paling menarik secara visual di dunia, namun semuanya akan sia-sia jika tidak terlihat di mesin telusur – dan terutama Google. Jadi, penting untuk memastikan bahwa situs web hotel Anda mencentang semua kotak dalam hal praktik terbaik SEO.

Visibilitas tidak berhenti dengan praktik terbaik SEO. Penting untuk menganalisis di mana calon tamu Anda berada dan memberikan tautan ke situs web hotel Anda di dalam ruang tersebut.

Apakah prospek eksis di media sosial? Publikasikan penawaran khusus untuk pemesan langsung. Bisakah Anda mengalahkan harga OTA dan menjangkau lebih banyak wisatawan di Google? Siapkan hotel Anda di Google Hotel Free Booking Links.

2.Tampilan, nuansa, branding, dan navigasi – Apakah situs web hotel Anda mengundang tamu untuk menginap sebentar, atau malah mengusir mereka?

Alasan utama orang mengunjungi situs web Anda adalah untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana rasanya menginap di hotel Anda. Mereka juga ingin tahu di mana lokasi hotel Anda dan kedekatannya dengan atraksi dan fasilitas lokal.

Jika situs web hotel Anda berantakan, dipenuhi dengan foto-foto yang diambil oleh sepupu Anda yang bermaksud baik, namun sangat amatir, dan dirancang sedemikian kacau sehingga pengunjung tidak dapat memperoleh apa yang mereka inginkan dengan cepat.

Kemungkinan mereka terpental sangat tinggi. Apakah alamat hotel, detail kontak, dan informasi penting lainnya mudah diakses, atau Anda sedang berburu harta karun?

Fuel Report juga menunjukkan bahwa foto adalah faktor pengambilan keputusan nomor satu bagi tamu yang mengunjungi situs web hotel. Selain itu, merek hotel Anda mewakili siapa Anda, dan dapat membangun atau menghancurkan kepercayaan konsumen. 

Apakah merek Anda sangat terwakili di situs web hotel Anda? Apakah Anda mempercayai merek hotel Anda sebagai pengunjung online?

3.Penawaran & Paket Spesial – Apa untungnya bagi Tamu Anda ketika mereka memesan langsung di situs web Anda?

Sebanyak 44% wisatawan global menganggap penawaran khusus penting untuk proses pemesanan. Jika Anda ingin memenangkan pemesanan langsung atas orang-orang seperti OTA besar yang menawarkan serangkaian paket menarik dan harga yang bersaing, sangat penting bagi Anda untuk meneriakkan penawaran khusus Anda di SEMUA area situs web Anda:

Apakah properti Anda memiliki restoran paling terkenal di kota? Tawarkan diskon untuk bersantap, hanya untuk pemesan langsung. Apakah spa hotel Anda terbaik? Pamerkan di situs web Anda, dan beri tahu pengunjung dengan jelas bahwa mereka akan menerima fasilitas kesehatan gratis untuk pemesanan langsung di situs web Anda.

Pastikan untuk menyoroti penawaran khusus Anda di semua area situs web hotel Anda: Gulir halaman beranda, penggoda penawaran khusus, dan deskripsi, dan area pemuatan mesin pemesanan.

Dan tentu saja, harga merupakan faktor penting dalam proses pengambilan keputusan. Jadi, ingatlah untuk menekankan bahwa tarif Anda mengalahkan persaingan, dan eksklusif untuk pengunjung yang memesan langsung di situs web hotel Anda.

4.Kebijakan Pembatalan & Pengembalian Dana – Apakah fleksibel untuk kebutuhan Tamu Anda?

Meskipun permintaan perjalanan telah meledak dalam beberapa bulan terakhir dan saat ini mengungguli tingkat pra-pandemi, penting untuk dicatat bahwa pandemi meningkatkan kebutuhan pelanggan akan fleksibilitas.

Oleh karena itu, hotel harus terus meyakinkan tamu dengan mengkomunikasikan fleksibilitas untuk mengakomodasi kebutuhan mereka.

Dapatkah tamu menerima kredit untuk mengklaim pemesanan yang dibatalkan di kemudian hari? Apakah Anda memiliki kebijakan pembatalan gratis dalam jangka waktu tertentu? Apakah Anda menawarkan check-out lebih lambat gratis selama musim sepi?

 Jika Anda menjawab ya, kebijakan ini harus terlihat dan dikomunikasikan dengan jelas di seluruh situs web Anda dan selama proses pemesanan.

5.Harga – Apakah Anda memberikan penawaran terbaik kepada tamu dibandingkan dengan OTA dan saluran pihak ketiga lainnya?

Penelitian oleh RateGain mengungkapkan bahwa hingga 98% hotel bintang 4 menawarkan kamar mereka lebih murah di situs OTA daripada sendiri. 

Bagaimana Anda bisa mengharapkan pelanggan memesan langsung dengan Anda dengan harga lebih tinggi daripada melakukan proses yang sama melalui OTA?

Strategi manajemen saluran dan penetapan harga hotel yang efektif sangat penting untuk mempertahankan kontrol distribusi sambil mengoptimalkan penjualan dan pendapatan langsung. 

Dengan menggunakan pengelola saluran, hotel dapat lebih mudah memusatkan saluran distribusi mereka, menganalisis data reservasi saluran, dan menggunakan informasi ini untuk menerapkan strategi penetapan harga yang cerdas di seluruh situs web hotel Anda dan saluran langsung lainnya.

Setelah Anda menetapkan strategi penetapan harga, ingatlah untuk menyoroti bahwa tarif Anda mengalahkan persaingan, dan eksklusif untuk pengunjung yang memesan langsung di situs web hotel Anda.

6.Proses Pemesanan – Apakah Tamu Lebih Mudah Memesan Langsung atau Meninggalkan Situs Web Hotel Anda?

Penelitian oleh Guestcentric menunjukkan bahwa 97% pengunjung online meninggalkan situs web hotel selama proses pemesanan. 

Meskipun sangat penting untuk memastikan situs web hotel Anda terlihat dan memungkinkan tamu untuk merasakan hotel Anda secara digital sebelum memesan penginapan, semuanya akan sia-sia jika Anda tidak memberikan proses pemesanan yang lancar.

Praktik terbaik situs web hotel juga harus tercermin dalam mesin pemesanan Anda. Ini berarti mesin pemesanan hotel Anda juga harus menawarkan navigasi yang efisien dan mudah, memungkinkan tamu untuk memeriksa ketersediaan, memilih malam, dan memesan tanpa ragu-ragu.

Penting juga untuk mengulangi penawaran terbaik dan kebijakan fleksibel pada saat pemesanan, untuk menghilangkan keraguan di tahap akhir. 

Selain itu, Anda harus menciptakan rasa urgensi untuk memesan dengan menyertakan widget aktivasi belanja dan pemulihan di seluruh mesin pemesanan hotel Anda. 

Juga penting bahwa jendela pembayaran Anda aman, sehingga tamu merasa nyaman untuk menyelesaikan transaksi online.

Last but not least, Anda juga harus memastikan bahwa mesin pemesanan hotel Anda responsif di perangkat seluler, karena semakin banyak tamu yang memesan melalui seluler sejak Maret 2020 hingga saat ini.

Pemasaran & Penjualan Digital Hotel harus berkembang sejalan dengan Perilaku Konsumen untuk menumbuhkan Pemesanan Langsung

Strategi pemasaran dan penjualan digital hotel Anda tidak boleh dipandang sebagai proyek yang sudah ditetapkan dan dilupakan. Agar efektif, pemasaran digital dan strategi penjualan hotel Anda harus terkini dan selaras dengan tren dan perilaku wisatawan yang terus berubah yang mencari dan memesan secara online.

Menjangkau lebih banyak tamu dan mendapatkan lebih banyak pemesanan langsung secara online bukanlah proses dalam semalam. Ini akan memakan waktu sebelum Anda menghasilkan laba atas investasi yang diinginkan.

 Informasi adalah kekuatan, jadi pastikan untuk menganalisis pelanggan Anda secara konsisten dan mengukur kinerja Anda di semua saluran pemesanan dan sumber pendapatan Anda untuk beradaptasi dengan tepat.

Yang terpenting, strategi pemasaran dan penjualan digital hotel yang sukses harus dengan jelas memberi tahu tamu bahwa mereka akan mendapatkan penawaran terbaik saat mereka memesan langsung di situs web hotel Anda. 

Meskipun hotel Anda mungkin bersaing dengan raksasa OTA untuk visibilitas, Anda selalu dapat memberikan pengalaman navigasi dan branding yang unggul di situs web Anda. Anda juga dapat memesan harga dan penawaran terbaik untuk situs web hotel Anda, untuk meningkatkan konversi dan pemesanan langsung untuk hotel Anda.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »